muhamadregifazmi. Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 29 Maret 2010

Latar Belakang Penulisan Ilmiah

BAB 1 PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang Masalah

Sistem penyiraman tanaman yang digunakan di taman-taman umumnya menggunakan sistem penyiraman dengan cara menyiram tanaman itu dengan mobil tangki air keliling atau dengan menyiram dengan melakukan alat semprot air yang biasanya cukup memakan waktu yang lama dalam penyiraman tanaman.

Seiring perkembangan zaman, diciptakan Sistem Penyiraman yang otomatis menggunakan elektronik sehingga penyiraman tidak lagi membutuhkan waktu yang lebih lama.

Saat ini penyiraman tanaman yang tradisional dirasa ketinggalan zaman dikarenakan lamanya dalam penyiraman tanaman. Tak hanya itu penyiraman tanaman tradisional membutuhkan banyak tenaga kerja dalam melakukan penyiraman tanaman. Sistem penyiraman tanaman otomatis lebih efisien dan lebih mempersingkat waktu dalam penyiraman tanaman.

Atas dasar tersebut penulis membuat sistem penyiraman otomatis dimana agar mempermudah dalam penyiraman tanaman sehingga tidak memakan yang waktu yang cukup lama. Penulis menamakan alat tersebut dengan “SISTEM PENYIRAM TANAMAN OTOMATIS BERBASIS MIKROKONTROLLER AT89C51”.

1.2 Batasan Masalah

Agar pembahasan lebih terarah, maka penulis memberikan batasan-batasan pembahasan masalah. Bagaimana membuat suatu alat yang berfungsi sebagai penyiraman tanaman yang tidak perlu memakan banyak waktu dalam penyiraman tanaman dan mengontrol waktu dalam penyiraman tanaman. Batasan masalah yang terkait dengan masalah diatas, penulis menekankan pada cara kerja dari rangkaian Sistem Penyiraman Tanaman Otomatis yang menggunakan Mikrokontroler AT89C51.

1.3 Tujuan

Tujuan dari Tulisan Ilmiah ini adalah untuk membuat sebuah sistem penyiraman otomatis yang lebih efisien dan tidak memerlukan waktu yang lama serta dapat mempermudah dalam penyiraman tanaman.

1.4 Metode Penelitian

Adapun penyusun melakukan beberapa penelitian yang dilakukan dengan :

1. Studi Pustaka

Yaitu metode pencarian data dari buku, browsing internet atau literatur-literatur lain yang berkaitan dengan teori dasar dari sistem yang sedang dibuat, dan dokumen yang berkaitan dengan data yang di perlukan untuk penelitian maupun perancangan sistem.

2. Studi sistem

Yaitu metode pencarian data dengan melakukan pengamatan langsung di lapangan, dengan cara pengumpulan data dengan mempelajari suatu sistem yang berkaitan dengan sistem yang akan dirancang.

3. Perancangan Sistem

a. Input

Apabila waktu untuk penyiraman sudah waktunya maka akan menyiram tanaman tersebut.

b. Proses

Apabila waktu sudah tepat maka akan menyiram tanaman tersebut dan jika sensor air terkena air hujan maka tidak akan menyiram tanaman.

c. Output

Air akan menyiram tanaman yang ada di taman.

4. Percobaan

Yaitu metode pengujian alat serta aplikasi yang digunakan, Melakukan uji coba alat agar dapat berfungsi sesuai dengan kebutuhan.

1.5 Sistematika Tulisan Ilmiah

Isi dari penulisan ini berhubungan dengan data-data yang telah diambil serta referensi dari buku-buku:

BAB 1 Pendahuluan

Pada Bab ini, berisi tentang Latar Belakang Masalah, Batasan Masalah, Tujuan, Metode Penelitian dan Sistematika Tulisan Ilmiah.

BAB 2 Landasan Teori

Bab ini membahas tentang teori dasar dan komponen-komponen yang dipergunakan dalam rangkaian dengan analisa tiap-tiap komponen.

BAB 3 Perancangan dan Implementasi

Bab ini berisi tentang analisa Perangkat keras, cara kerja dari alat tersebut, blok diagram, cara pengoperasian dan pengujian pengaplikasiannya pada kehidupan nyata.

BAB 4 Cara Pengoperasian Alat

Bab ini berisi tentang cara pengoperasian dari alat yang telah dibuat.

BAB 5 Penutup
Membahas tentang kesimpulan dari penjelasan alat yang dibuat serta saran-saran dari keseluruhan rangkaian.

1 komentar:

Anonim,  30 April 2012 pukul 15.24  

bro ,minta bab 4 nya dong,

Posting Komentar

News Studentsite

 
free counters

  © Blogger template muhamadregifazmi.blogspot.com by muhamadregifazmi.blogspot.com 2015

Back to TOP