Kamis, 08 Juli 2010

Cara Menambah Masa aktif Esia

Beberapa waktu yang lalu, saya ketemu seorang teman yang ternyata juga pengguna Esia. Teman saya ini seorang ibu rumah tangga dengan satu anak, dan suami yang mobilitasnya tinggi, karena sang suami ini -sepertinya sih- bekerja di EO atau PH. Seperti biasa, yang namanya ibu-ibu pasti ceritanya ngga jauh dari kegiatan sehari-hari, baik suami, anak, dan kegiatannya sendiri, yang ujung2nya bicara soal budget. Teman saya, sebut saja namanya Anda, sudah 2 tahun belakangan ini berlangganan Esia. Dan menurut pengakuannya, dia merasa sangat terbantu dengan adanya Esia. Sebelumnya dia adalah pelanggan salah satu kartu GSM, yang beralih ke Esia karena terus2an merasa tekor dengan jumlah tagihan gila-gilaan yang harus dibayar ke operator GSM itu. Apalagi sebelumnya dia juga bekerja, dan pekerjaannya ini mengharuskan ia untuk terus melakukan kontak dengan banyak pihak, melalui HP tentunya. Ngga kuat dengan tagihan yang dahsyat itu, apalagi jika dia sering bertugas ke luar kota, akhirnya Esia menjadi pilihannya.

Apalagi sejak Esia ada fasilitas GOGO -tentang GOGO ini, nanti saya bahas di jurnal tersendiri saja yah-. Mobilitas ke daerah pun jadi amat sangat mungkin dilakukan, tanpa kehilangan kontak, tanpa harus merogoh kocek dalam-dalam dan melakukan pemangkasan budget sana-sini demi membayar tagihan HP yang membludak.
"Beneran loh bo, gw merasa amat sangat terbantu banget sama Esia. Sekarang laki gw pun juga pake Esia, dan buat kita jadi lebih gampang kontrol budget buat HP." begitu pengakuan si Anda.
"Sekarang ada esia transfer kan ya, how it helps us much! Kalau laki gw lagi di luar kota dan saldo dia udah abis, gw tinggal transfer aja. 10 ribu, 20 ribu gitu, kan lumayan banget. Daripada abis ratusan ribu, ngga banget ya bo! Luar kota gitu, ngga kebayang berapa duit yg mesti gw keluarin buat bayar tagihan HP doang, atau beli voucher doang!"
sambungnya lagi dengan berapi-api.

Wets, kalem dong Nda . Semangat bener, yang merasa sangat terbantu oleh Esia..
Saya saja belum pernah mencoba transfer talktime ke hp esia di rumah saya. Selama ini ya saya pakai cara konvensional, beli voucher, gesek, masukkan kode.

Akhirnya, siang ini saya coba saja transfer talktime ke HP esia saya yang ada di rumah. Caranya, gampang banget ternyata. Ini nih, langkah2nya:

Ketik SMS TRANSFERJUMLAHNo. Esia, kirim ke 789.
Jumlah saldo yang dikirim adalah kelipatan 1000 yah, mulai dari 1000 - 50000. Formatnya ya ditulis semua angkanya. Oh ya, jangan lupa, untuk no esia tujuan, selalu tuliskan kode area + nomer esia tujuan, karena transfer ini kan berlaku untuk pelanggan Esia di seluruh Indonesia. Tanpa kode area, sistem ngga akan bisa membaca pesan yang kita kirim, dan proses transfer pastinya ngga akan sukses.

Biayanya adalah Rp 250,- + ppn + saldo transfer (jumlah talktime yang dikirim). Jadi, kalau kita transfer sebanyak Rp 5000,- , maka kita akan dikenakan biaya Rp 250,- + ppn + Rp 5000,- = Rp 5275,-. Nah, khusus untuk jumlah saldo talktime yang kita transfer, kita -si pengirim- tidak akan dikenakan pajak. Pajak ini akan dibebankan ke no esia yang kita kirim, berdasarkan pemakaiannya. Pastinya kita ngga bakalan rugi lah.

Beberapa saat kemudian, saya cek ke rumah, apakah si saldo sudah tiba dengan selamat. Yess, sukses! Ternyata gampang dan memang sangat membantu banget.

Oh ya, tapi ini hanya berlaku untuk pelanggan yang sudah berlangganan minimal 40 hari ya (untuk pelanggan prepaid). Kalau belum 40 hari, dijamin ngga bakal sukses. Selain itu, pelanggan prepaid ini juga harus telah melakukan pengisian ulang minimal satu kali, baik dengan voucher fisik maupun dengan isi esia. Satu hal lagi, jumlah saldo yang kita miliki saat akan melakukan transfer, harus dapat meliputi jumlah yang ditransfer + pembayaran transaksi
(biaya SMS+ppn) Bahkan saldo terakhir yang ada di kartu Esia kita setelah melakukan transfer, harus sejumlah minimal Rp 5000. Jadi kalau mau melakukan transfer sejumlah Rp 5275, ya kita harus punya saldo senilai di atas Rp 5000 + Rp 5275 = Rp 10275. Paham kan? Hitungannya ngga rumit2 amat kok.

BTW, ternyata ngga hanya saldo talktime saja yang bisa kita transfer. Masa aktif pun bisa kita transfer juga. Nah lho, baru dengar kan? Maksudnya apa ya?

Jadi begini, kalau kita jarang menggunakan Esia kita, ngga jarang masa aktif sudah habis, sementara saldo talktime masih cukup banyak. Nah, sayang kan kalau kita beli voucher lagi, toh yang ada kita malah menumpuk saldo talktime kita, sementara masa aktif ya tetap sama. Kalau jarang dipakai, ya percuma juga.

Nah, di sini lah transfer masa aktif bisa jadi solusi. Jadi, kita bisa transfer waktu ke nomer esia lain, untuk memperpanjang masa aktifnya. Bahkan kita bisa transfer ke nomer kita sendiri loh, untuk menambah masa aktif kartu esia kita.

Caranya? Nih, simak baik-baik. Ketik sms ke 789 dengan format WaktuJumlah hariNo. Esia. No esianya selalu pakai kode area ya. Jumlah hari yang bisa dikirim adalah 1-30 hari. Biayanya, Rp 250,- + ppn untuk sms yang dikirim, dan Rp 250,- + ppn per jumlah hari. Jadi, kalau misalnya kita mengirim masa aktif sebanyak 3 hari, maka biayanya adalah Rp 250,- + ppn + (Rp 250,- + ppn x 3 hari) = Rp 1100,-.

Satu lagi informasi yang sangat penting diketahui, jika kita mengirim saldo talktime ke nomer esia tujuan, yang terkirim hanyalah saldo talktime saja, tidak sekaligus dengan masa aktifnya. Jadi, masa aktif yang berlaku adalah masa aktif pengisian ulang sebelumnya. Misalnya, jika dari pengisian sebelumnya, masa aktif kita masih tersisa 10 hari, maka setelah mengisi ulang melalui transfer, masa aktif yang tersisa ya sejumlah 10 hari itu. Kalau masa aktifnya sudah habis? Ya transfer masa aktif juga dong.

Ribet? Repot? Merasa rugi, karena transfer saldo talktime ngga sekaligus dengan transfer masa aktif, dan masih harus keluar biaya juga? Kalau menurut saya sih, dengan kemudahan yang ditawarkan, it's worth the cost lah.

Oh ya, tadi saya sudah sebutkan belum yah, siapa saja yang bisa melakukan transfer talktime dan masa aktif ini? Pelanggan prepaid saja? Oh tentu tidak. Pelanggan postpaid juga pasti bisa dong. Syaratnya, si nomer postpaid ini masih dalam keadaan aktif. Dan total transaksi yang bisa dilakukan adalah senilai Rp 250000 per bulan, serta tidak dalam tunggakan tagihan, atau mempunyai credit limit (tidak bisa menggunakan nomernya di atas batas kredit tertentu, sesuai perjanjian).

Wow, ternyata benar juga ya kata si Anda. Esia Transfer ini sudah membuat hidup kita jadi lebih mudah. Ngga ada lagi ceritanya bingung cari voucher tengah malam atau di pedalaman. Kita minta saja teman kita untuk transfer talktime ke nomer esia kita.

Problem solved, case closed, everyone's happy.
So, yang belum mencoba esia transfer karena bingung bagaimana caranya, sudah dapat pencerahan kan?

Selamat mencoba!

sumber :multiply.com

0 komentar:

Poskan Komentar

News Studentsite

 

Arsip Blog

  © Blogger template Blue Surfing by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP