muhamadregifazmi. Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 16 Juni 2010

Soal SWN New

Soal-soal mikroporsessor, FPGA, ARM

1. Suatu chip atau ic yang di dalamnya terkandung rangkain ALU, CU dan register-register adalah pengertian dari …

a. Mikroprosesor*
b. mikrokontroler
c. ALU
d. Mikrokomputer

2. Sebuah mikrokontroleryang memiliki arsitektur Harvard dan dikembangkan oleh intel pada tahun 1980 yang merupakan sebuah mesin pemroses Boolean yaitu …

a. intel 8052
b. intel 8086
c. intel 8033
d. intel 8051*

3. Arsitektur prosesor 32-bit RISC yang dikembangkan oleh ARM limited yaitu …

a. Xscale
b. ATMEL
c. ARM 32*
d. VLSI

4. Apa kepanjangan dari ARM …

a. Advantages RISC Machine
b. Advanced RISC Machine*
c. Advanced RISC Micro
d. Advantages RISC Micro

5. Komponen elektronika dan semikonduktor yang mempunyai komponen gerbang terprogram atau programmable logic dan sambungan terprogram, yaitu …

a. FPGA*
b. ASIC
c. CPLD
d. FGPA

6. Kelebihan utama dari mikrokontroler adalah, kecuali …

a. tersedianya RAM
b. adanya peralatan I/O pendukung
c. a dan b benar
d. a dan b salah*

7. Suatu alat elektronika digital yang mempunyai masukan dan keluaran serta kendali dengan program yang bisa ditulis dan dihapus dengan cara khusus,disebut,,,,

a. Mikrokomputer
b. Mikrokontroler *
c. Mikproprosesor
d. Semua salah

8. Intel 8051 adalah sebuah mikrokontroler yang dikembangkan oleh Intel pada tahun,,,

a. 1960
b. 1968
c. 1980*
d. 1986

9. Isi FPGA terdiri dari CLB,I/O Blocks,dan Programmable Interconect namun fungsi dari I/O Blocks tersebut adalah......

a. untuk menghubungkan antara CLB satu dengan CLB lainnya
b. Sebagai interface antara external pin dari device dan internal user logic *
c. untuk memproses segala bentuk rangkaian logika yang dibuat oleh user/pemakai
d. sebagai saklar arus listrik yang hendak masuk ke suatu rangkaian elektronik

10. Mikroprosesor yang telah dilengkapi komponen-komponen pendukung secara internal yaitu seperti: CPU, ROM, RAM, dan I/O yang membentuk mikrokomputer tunggal yang dikemas dalam bentuk IC disebut...

a. Mikrokontroler*
b. xilinx
c. FPGA
d. semuanya salah

11. ... adalah mesin abstrak yang dapat mengenali (recognize), menerima (accept), atau membangkitkan (generate) sebuah kalimat dalam bahasa tertentu.

a. Automata (automaton)*
b. Bioremediation
c. Telemetry
d. Automatication

12. Istilah Automata sudah dikenal sejak abad ke ...

a. 15
b. 17*
c. 12
d. 16

13. Karya de Vaucanson yang menggunakan Automata pada tahun 1738 adalah:

a. Mechanical Duck*
b. Automatic Vending Machines
c. Robotic Arms
d. Mesin Tenun Automatis

14. Mesin tenun automatis pertama karya de Vancanson pada tahun ... ?

a. 1738
b. 1758
c. 1760
d. 1745*

15. Dua orang neuro-physiologist (warren McCulloch dan Walter Pitts) mengembangkan sebuah model sistem syaraf yang disebut

a. Automata
b. Sistem Automata
c. Finite Automata*
d. state Automata

16. Di antaranya terdapat 3 model mesin komputasi dalam Automata,kecuali!

a. Turing Machine
b. Sequence Automata*
c. Pushdown Automata
d. Finite Automata

17. Kepanjangan dari FPGA adalah…….

a. File Programmable Gate Array
b. File Programming Gate Array
c. Field Programming Gate Array
d. Field Programmable Gate Array*

18. Keuntunga dari FPGA adalah……….

a. Kemampuan untuk deprogram kembali untuk mengkoreksi adanya bugs*
b. Harganya murah
c. Open source
d. Semua benar

19. Pengembangan FPGA diantaranya adalah……..

a. Xilinx
b. Altera
c. a dan b benar*
d. Semua salah

20. Secara umum arsitektur FPGA terdiri dari………

a. Configure Logic Block (CLB)
b. I/O Block
c. Programmable Interconect
d. Semua benar*

1. Sistem komputer fungsional dalam sebuah chip di dalamnya terkandung sebuah inti prosesor, RAM, memori program, dan perlengkapan input output disebut...
a. Mikrokontroller*
b. ROM
c. CPU
d. RAM

2. Mikrokontroler ini mulai dibuat sejak tahun...
a. 1980
b. 1971*
c. 1975
d. 1976

3. Jenis-jenis Mikrokontroller ada 2 yaitu..
a. RICP dan CIRC
b. RISC dan RICP
c. CISC dan RISC*
d. CIRC dan CRSC

4. sebuah CPU yang dibangun dalam sebuah single chip semiconductor yang terdiri dari kalkulator yang terbagi dalam register dan ALU dan sebuah pengkode serta unit pengontrol disebut..
a. IC
b. CU
c. ROM
d. Mikroprosesor*

5. Mikroprosesor Intel 4004 pertama kali di keluarkan pada tahun
a. 1971*
b. 1973
c. 1974
d. 1975

6. Dalam IBM PC media penyimpanan biasa menggunakan disket, maka pada mikrokontroler menggunakan EPROM sebagai media penyimpanan.Apa kepanjangan dari EPROM ?
a. Erase Program Random Only Memory
b. Erasable Programmable Read Only Memory*
c. Erase Program Read Only Memory
d. Erasable Programmable Random Only Memory

7. Mikroprosesor biasa disebut juga
a. RAM
b. IC
c. CPU (Central Processing Unit)*
d. ALU

8. sistem antrian yang mengatur pemberian instruksi sebelum menjalankannya disebut
a. RAM
b. ROM
c. Flash
d. Cache Memory*

9. Vending Machine,bisa diartikan sebagai..
a. alat atau mesin untuk menjual barang secara otomatis*
b. alat untuk berjualan
c. alat untuk membeli
d. alat pembawa barang

10. Arsitektur ARM merupakan arsitektur prosesor 32-bit RISC yang dikembangkan oleh..
a. ARM Unlimited
b. ARM Limited*
c. ARM Advanced
d. ARM Advance

11. Kepanjangan dari ARM adalah..
a. Advanced RISC Machine*
b. Architecture RISC Machine
c. Advanced Random CISC Machine
d. Architecture Random CISC Memory

12. Sebuah prosesor ARM dari Conexant yang umum digunakan pada..
a. Hub
b. Router*
c. Repeater
d. Switch

13. Arsitektur ARM sering ditemui di perangkat elektronik yakni..
a. PDA dan Bluetooth
b. Smartphone dan PC
c. PDA dan Smartphone*
d. PC dan bluetooth

14. Proyek Acorn RISC Machine resmi dimulai pada Oktober tahun..
a. 1980
b. 1981
c. 1982
d. 1983*


15. VLSI memproduksi chip ARM pertama kali pada 26 April 1985 yang berhasil bekerja dan dikenal sebagai
a. ARM3
b. ARM2
c. ARM1*
d. ARM5

16. Sebuah IC digital yang sering digunakan untuk mengimplemntasikan rangkaian digital yang bersifat Programmable disebut..
a. VLSI
b. VGA
c. CLB
d. FPGA*

17. Kepanjangan dari FPGA adalah..
a. Field Program Gate Array
b. Field Programmable Gate Archive
c. Field Programmable Gate Array*
d. Field Program Gate Archive

18. FPGA di kembangkan sejak tahun 1984 oleh perusahaan Xilinc yang berbasiskan di ..
a. San Andreas
b. San Jose*
c. San Moreno
d. Monaco

19. Dua perusahaan pemain utama di pasar FPGA yakni..
a. Xilinx dan Altera*
b. Lattice dan Altera
c. Actel dan Quicklogic
d. Xilinx dan Actel

20. Bagian pada FPGA yang memproses segala bentuk rangkaian logika yang di buat oleh user / pemakai disebut..
a. I/O blocks
b. CLB*
c. Programmable Interconnect
d. IC

21. Kepanjangan dari CLB adalah..
a. Configurated Logic Blocks
b. Contol Logic Blocks
c. Configure Logic Blocks*
d. Control Logic Black

22. Secara garis besar, perancangan perangkat lunak (software) terdiri atas 4 tahap yakni..
a. Design, Program, flash dan synthesis
b. JTAG, route, flash entry
c. flash, route, design dan program
d. Design Entry,Simulation, Synthesis and place and route dan Programming through special cables (JTAG)*

23. Carry Chains berfungsi untuk..
a. Pembuatan fungsi-fungsi logika lebih rumit
b. Pembuatan fungsi-fungsi logika lebih banyak
c. Pembuatan fungsi-fungsi logika lebih efisien*
d. Pembuatan fungsi-fungsi logika lebih bercabang

24. Suatu rancangan rangkaian dapat di implementasikan ke dalam FPGA dalam 2 metode yaitu..
a. VHDL dan Schematic
b. Schematic dan HDL*
c. HDL dan Syntax
d. VHDL dan VGA

25. Apa kepanjangan dari VHDL..
a. Very High Speed Integrated Hardware Description Languange*
b. Very High Desriptoin Large
c. Virtual High Speed Description Languange
d. Virtual High Step Languange

26. Bagian Interface dalam VHDL dikenal sebagai
a. Architecture
b. Entity*
c. Behaviour
d. Verilog

27. Bagian kelakuan atau behaviour dari VHDL dikenal sebagai
a. Verilog
b. Architecture
c. Behaviour*
d. Entity

28. Perusahaan Xilinx terkenal dengan software miliknya yang bernama ISE..
a. WebEdition
b. WebLimited
c. WebUnlimited
d. WebPack*

29. Perusahaan Altera terkenal dengan software miliknya yang bernama Quartus II..
a. WebLimited
b. WebUnlimited
c. Web Edition*
d. WebPack

30. FPGA sering mengguakan kode dalam mengimplementasikan..
a. HDL dan VGA
b. VHDL dan Verilog*
c. VHDL dan HDL
d. Entity dan Verilog

1. FPGA (field programmable gate array) merupakan:
A. Sebuah IC digital yang sering digunakan untuk mengimplementasikan rangkaian digital*
B. Sebuah IC digital yang sering digunakan untuk keperluan digital
C. Sebuah rangkaian digital untuk mengimplementasikan rangkaian analog.
D. Sebuah rangkaian analog untuk mengimplementasikan rangkaian digital.

2. FPGA mulai dirilis/dikembangkan pada tahun:
A. 1983
B. 1981
C. 1982
D. 1984*

3. Perusahaan Xilinx yang terkenal dengan software miliknya yang bernama:
A. Quartus II Web Edition
B. ISE WebPack*
C. ISE WebDesign
D. Quartus II web Design

4. Pernyataan dibawah ini yang benar mengenai defenisi mikroprocesor adalah:
A. Sebuah chip IC yang didalamnya terkandung rangkaian ALU, Control unit, dan register-register*
B. Sebuah chip yang didalamnya terkandung system interkoneksi antara RAM dan ROM
C. Sebuah chip digital yang bekerja secara otomatis
D. Sebuah chip yang terkontrol.

5. ARM (advanced RISC Machine)sebelumnya dikenal dengan nama:
A. Asyncronous RISC machine D. Arsitektur Resicle machine.
B. Acorn RISC machine*
C. Analog RISC motor

6. Dibawah ini perusahaan-perusahaan yang memegang lisensi arsitektur ARM, kecuali:
A. Alcatel
B. Broadcom
C. Digital Europe component*
D. Atmel

7. Hasil kerjasama antara perusahaan Apple-ARM(advanced risc machine) pada tahun 1992 menghasilkan :
A. ARM2 dengan 35000 transistor.
B. ARM3 dengan 45000 transistor
C. ARM4 dengan 30000 transistor
D. ARM6 dengan 35000 transistor*

8. Pernyataan dibawah ini yang benar mengenai automatic vending machine adalah:
A. Sebuah mesin yang beroperasi dengan kendali manusia
B. Sebuah mesin minuman yang dapat beroperasi secara standalone untuk melayani transaksi pembelian atau pemesanan minuman*
C. Sebuah mesin makanan yang beroperasi secara otomatis
D. Mesin yang meyediakan minuman dan makanan untuk diperjual belikan.

9. Penemu dari automatic advanced machine bernama:
A. Thomas Adams Gum Company*
B. Thomas alfa Edison
C. Adam smith company
D. Thomas Edison company

10. Automatic advanced machine ditemukan/dibuat pada tahun:
A. 1980
B. 1890
C. 1888*
D. 1986

11. System yang ada pada cara kerja automatic advanced machine memilki beberapa modul diantaranya sebagai berikut, kecuali:
A. Modul koin masuk
B. Modul penampil sevent segment
C. Modul proses*
D. Modul mekanisme pengeluaran koin

12. Mesin penjual otomatis ini memiliki dua level tray penerima uang:
A. Tray temporal storage
B. Tray real storage
C. A dan B salah
D. A dan B benar*

13. Mikrokontroler adalah:
A. Suatu IC dengan kepadatan yang sangat tinggi, dimana semua bagian yang diperlukan untuk suatu kontrol sudah dikemas dalam satu keping*
B. IC yang mempunyai kerja dengan sangat cepat
C. Suatu IC yang mempunyai bentuk seperti chip yang dibungkus dlam suatu wadah.
D. Pengontrol kerja sebuah system

14. Dibawah ini merupakan bagian-bagian dari mikrokontroler, kecuali:
A. CPU
B. RAM
C. Interrupt controller
D. Mikroprocesor*

15. Yang bukan dari instruksi mikrokontroler adalah:
A. Proses interrupt yang lambat dan susah*
B. Manipulasi bit
C. Akses ke I/O secara langsung dan mudah
D. Proses interrupt yang cepat dan efisien

16. Aplikasi mikrokontroler yang sering digunakan pada peralatan rumah tangga yakni, kecuali:
A. Microwave oven
B. Kipas angin*
C. Stereo
D. TV

17. CMOS merupakan singkatan dari:
A. Complementary Mikrontroler Oxide Semiparalel
B. Component mikro oxide semikonduktor
C. Construction metal oxon semiparalel
D. Complementary metal oxide semokonduktor*

18. Defenisi dari CMOS yaitu:
A. Teknik untuk mengendalikan mikrokontroler
B. Tehnik yang biasa dilakukan untuk memproduksi hampir semua mikrokontroler terbaru*
C. Alat menghasilkan mikrokontroler
D. Teknik membuat aplikasi mikroprosesor.

19. CMOS mempunyai beberpa arsitektur yakni:
A. Von - Neuman architecture
B. Harvard architecture
C. A dan B benar*
D. A dan B salah

20. Instruksi yang ada pada CMOS adalah
A. CISC dan RISC
B. RISC dan REDUCE
C. CISC dan REDUCE
D. REDUCE dan CISCO

21. Dibawah ini merupakn jenis-jenis memory yang digunakan pada mikrokontrloer adalah, kecuali:
A. EEPROM
B. FLASH(EPROM)
C. One time programmable
D. PROM*

22. Yang bukan tipe dari ADC adalah:
A. Succesive Approximation A/D converters
B. Multi slope A/D converters*
C. Single Slope A/D converters.
D. Delta-Sigma A/Ds converters

23. USART merupakan singkatan dari:
A. Universal synchronous/asynchronous receiver and transmitter*
B. Unit sinkron/asinkron receive and transmit
C. Universal serial and asynchronous receiver and transmitter
D. Unit synchronous asyncromnous receive and transmite

24. Defenisi dari USART adalah:
A. Komunikasi port parallel sinkron dan asinkron
B. Adapter parallel untul sinkron dan asinkron
C. Adapter serial port untuk komunikasi serial sinkron dan asinkron*
D. Komunikasi port serial sinkron dan asinkron

25. Mikroprosesor 8085 ini dikemas dalam bentuk DIP. Singkatan dari DIP adalah:
A. Dual inside package
B. Dial income packet
C. Dual online post
D. Dual inline package*

26. Berikut ini yang bukan nama-nama perusahaan mengembangkan FPGA adalah:
A. Atmel*
B. Xilinx
C. Altera
D. Lattice

27. Dibawah ini merupakan isi dari FPGA adalah:
A. Configure logic blocks, I/O block
B. Programmable interconnect
C. Jawaban A dan B benar*
D. Jawaban A dan B salah

28. Sebuah logic cell yang ada pada FPGA biasanya terdiri dari kecuali:
A. JK flip-flop*
B. Look up table(LUT)
C. D flip-flop
D. Multiplexer 2 ke 1

29. Secara garis besar, perancangan alat lunak (software) terdiri dari 4 tahap, kecuali:
A. Design entry
B. Program design route*
C. Simulation
D. Synthesis and palce- and route

30. Vendor baru yang mengenalkan kode baru dalam pengimplementasian ke dalam semua jenis FPGA buatan adalah:
A. Verilog
B. Jawaban A dan D benar*
C. Jawaban A dan D salah
D. VHDL

1. Hasil kerja sama antara Apple dengan ARM menghasilkan ……. pada awal tahun 1992.
A. ARM2 C. ARM7
B. ARM5 D. ARM6*

2. Generasi inti ARM yang pertama kali menggunakan cache memory adalah….
A. ARM3* C. ARM1
B. ARM6 D. ARM2

3. Generasi inti ARM yang digunakan pada sebuah console game, yaitu Game Boy Advance dan Nintendo DS adalah…
A. ARM6TDMI C. ARM7TDMI*
B. ARM5TDMI D. ARM7MITD

4. Pembuatan chip ARM diproduksi oleh VLSI pertama kali pada tanggal….
A. 26 APRIL 1985* C. 26 APRIL 1988
B. 26 APRIL 1989 D. 26 APRIL 1980

5. Metode yang digunakan untuk mengimplementasikan rangkaian ke dalam FPGA adalah….
A. Schematic C. HLD dan Schematic
B. HDL D. Schematic dan HDL*

6. Bagian dari Logic Cell yang memegang peranan penting dalam proses implementasi fungsi-fungsi logika adalah….
A. Look Up Table (LUT)* C. D Flip Flop
B. Look Table Up (LTU) D. Multiplexer

7. FPGA memiliki jalur penghubung singkat diantara cell-cell yang saling berdekatan, yang disebut dengan…
A. chain C. cell chain
B. carry chain* D. near chain

8. Mikrokontroller yang hanya dapat diprogram satu kali saja dan tidak dapat dihapus atau dimodifikasi adalah…
A. Mikrokontroler CISC C. Mikrokontroler OTP*
B. Field Programming Mikrokontroler D. Mikrokontroler Static

9. Teknik fabrikasi yang sering dipakai dalam pemproduksian mikrokontroller adalah…
A. JFET C. ADC
B. CMOS* D. Harvard

10. Arsitektur yang sering dipakai dalam pembuatan mikrokontroler, yaitu…
A. Von-Neumann C. A dan B benar*
B. Harvard D. A dan B salah

11. Perbedaan utama antara arsitektur Von-Neuman dengan arsitektur Harvard adalah pada….
A. Penyimpanan data dan instruksi* C. Operasi yang dipakai
B. Besar memori D. Cara pengerjaan

12. Di bawah ini merupakan port yang digunakan untuk komunikasi serial sinkron adalah…
A. UART C. SCI
B. SPI* D. PCI

13. Modul-modul yang ada pada Automatic Vending Machine adalah…
A. modul Debouncing C. benar semua*
B. modul 7’segmen D. modul temporal tray

14. Di Amerika, Vending machine dibuat pada tahun 1888 oleh….
A. Thomas Adam Gum Company* C. Gum Thomas Adam Company
B. Adam Thomas Gum Company D. Thomas Gum Adam Company

15. Yang bukan merupakan modul-modul pada Vending Machine adalah…
A. Modul Bouncing C. Modul Primary tray
B. salah semua* D. Modul Button

16. Pengertian Mikroprosessor adalah..
A. Sebuah CPU yang dibangun dalam sebuah single chip semiconductor *
B. Sebuah Memory yang dibangun dalam sebuah single chip semiconductor
C. suatu IC dengan kepadatan yang sangat tinggi, dimana semua bagian yang diperlukan untuk suatu kontroler sudah dikemas dalam satu keping.
D. suatu alat yang dapat dijalankan secara otomatis, memiliki kemampuan untuk mengerjakan hal yang diinginkan.

17. Arsitektur Mikrokontroller terbagi menjadi 2, yaitu :
A. Van-Neuman Architectur dan Harvard Architecture *
B. Van Bommel Architectur dan Harvard Architecture
C. Van-Neuman Architecture dan Oxford Architecture
D. Van Der Sar Architecture dan Oxford Architecture

18. Mana yang merupakan pengertian USART …….
A. adapter serial port untuk komunikasi serial sinkron dan asinkron.*
B. adapter serial port untuk komunikasi serial asinkron.
C. metode yang efisien bagi mikrokontroler untuk memproses periperalnya
D. adapter paralel port untuk komunikasi serial asinkron.

19. Instruksi Pada Mikrokontroller di bagi 2, yaitu……
A. RISC dan ZISC C. RISC dan CISC *
B. CISC dan FIGC D. SKY dan WAVE

20. FPGA dikembangkan pada tahun…..
A. 1987 C. 1985
B. 1996 D. 1984 *

21. Isi FPGA pada umumnya adalah..

A. Control Logic Blok, I/O blocks, Memory
B. Control Logic Blok, I/O blocks, Programmable Interconnet *
C. Control Logic Blok, I/O blocks, Logic Cell,Memory
D. Control Logic Blok, USART, UART

22. Suatu FPGA memiliki 2 kondisi yaitu ……
A. RISC dan CISC C. Configuration mode & user mode *
B. Static mode dan dynamic mode D. Verilog mode dan user mode

23. ARM merupakan kepanjangan dari…..
A. Advanced RAM Memory C. Advanced RISC Machine *
B. Automatic RISC Machine D. Asynchronus RAM Machine

24. Arsitektur ARM banyak kita jumpai pada…….
A. Telepon, EEPROM C. PC, Router, Parabols
B. Smartphone, PDA dan perangkat genggam lain * D. RAM,ROM, EEPROM

25. DI Amerika, Vending Machine dibuat pada tahun 1880 oleh……
A. John F Kennedy C. Coca Cola Company
B. Michael Alfa Company D. Thomas Adams Gum Company *

26. Beberapa masalah yang mungkin dihadapi oleh mesin AVM adalah…
A. Seseorang yang berusaha memasukkan benda, tetapi bukan koin, ke dalam mesin untuk mendapatkan minuman secara Illegal
B. Seseorang yang iseng memasukkan sampah ke dalam mesin yang akan menyebabkan kerusakan mesin
C. Seseorang yang berusaha menekan tombol-tombol secara sembarang tanpa prosedur yang benar untuk mengacaukan mesin
D. Semua benar *

27. Apa kepanjangan dari FPGA…
A. Field Programmable Gate Array*
B. Four Programmable Gate Array
C. Field Program Gate Array
D. Field Programmable Gate Association

28. IC digital yang sering digunakan untuk mengimplementasikan rangkaian digital adalah ….
A. FPGA* C. Mikroprossesor
B. Mikrokontroler D. Atmega

29. Dibawah ini merupakan perusahaan-perusahaan besar yang memproduksi FPGA, kecuali..
A. Windows * C. Xilinx
B. Altera D. Lattice

30. Hal-hal apa saja yang dapat digunakan dengan FPGA, kecuali ……….
A. Anda bisa mengisi-ulang (memprogram-ulang) FPGA sebanyak yang Anda inginkan - tidak terbatas - dengan berbagai macam fungsi logik yang Anda inginkan.
B. Rancangan Anda bisa bekerja lebih cepat dibandingkan dengan rancangan yang Anda buat dengan komponen-komponen biasa, karena, dengan FPGA, hampir semua rangkaian terimplementasi di dalam chip.
C. FPGA (secara umum, kecuali yang dilengkapi Flash PEROM) akan kosong saat tidak dikenai catu-daya (seperti RAM). Anda harus mengunduh ulang rangkaian Anda agar bisa berfungsi kembali seperti semula.
D. Merubah bahasa pemrograman*

Soal-Soal UML

1. Sesuatu berupa konsep (concept ), benda (thing) dan sesuatu yang membedakanya dengan lingkunganya adalah
a. Obyek dalam ”software Analysis & Design”*
b. Obyek dalam “Hardware Analysis & Design”
c. Subyek dalam “software Analysis & Design”
d. Semua salah

2. Dibawah ini merupakan teknik atau konsep dasar dalam OOA/D kecuali
a. Pemodulan
b. Penurunan
c. Polymorphism
d. UML*

3. Objek-objek yang memiliki banyak persamaan namun dari berbagai persamaan tersebut terdapat perbedaan adalah teknik ….. dalam OOA/D
a. Encapsulation
b. Pemodulan
c. Penurunan*
d. Polymorphism

4. Bagian paling static dari sebuah model dan menjelaskan elemen-elemen lain dari sebuah konsep adalah pengertian dari …
a. Hubungan
b. Benda*
c. Diagram
d. Arsitektur

5. Pendokumentasian model use case yang benar adalah …..
a. Summary*
b. Polymorphism
c. Building
d. Blocks

6. Pendekatan analisa dan rancangan dengan menggunakan model OO diperkenalkan pada tahun :
a. Pertengahan 1970 hingga 1980*
b. Pertengahan 1950 hingga 1960
c. 1979
d. 1980

7. UML singkatan dari …..
a. Unified Modeling Language*
b. Unary Mask Language
c. United Modeling Language
d. Union Mark Language

8. Macam – macam hubungan didalam penggunaan UML, kecuali :
a. Dependency
b. Association
c. Generalization
d. Pemodulan*

9. Kondisi yang selalu terjadi di akhir use case disebut :
a. Alternative
b. Postcondition*
c. Deskripsi
d. Outstanding

10. Sesuatu berupa konsep, benda dan sesuatu yang membedakanya dengan lingkunganya merupakan definisi dari
a. Konsep struktur
b. Konsep Informasi
c. Konsep Objek*
d. Struktur Objek

11. Metode Object – Oriented mulai diuji pada tahun
a. 1979
b. 1945
c. 1989*
d. 1983

12. Alasan mengapa UML digunakan adalah
a. Scalability
b. Dynamic Modeling
c. A dan B Salah
d. A dan B benar*

13. Dibawah ini merupakan pendokumentasian model use case, kecuali
a. Encapsulation*
b. Summary
c. Use case name
d. Dependency

14. Pada pendokumentasian model use case terdapat bagian yang menggambarkan nama pada actor dalam use case. Bagian tersebut adalah
a. Use Case Name
b. Preconditions
c. Actors*
d. Summary

15. Satu atau lebih kondisi harus berjalan dengan baik pada permulaan case, contohnya mesin ATM yang tidak jalan, adalah pengertian dari
a. Deskripsi
b. Preconditions*
c. Post condition
d. Actors

16. Apa yang dimaksud dengan UML
a. Sebuah bahasa yang berdasarkan gambar / grafik untuk memvisualisasi, menspesifikasikan, membangun, dan pendokumentasian dari sebuah system berbasis Object Oriented*
b. Sebuah bahasa tingkat tinggi
c. Sebuah bahasa tingkat rendah
d. Sebuah rancangan pemrograman

17. Berikut ini merupakan 4 macam hubungan didalam penggunaan UML, kecuali :
a. Dependency
b. Realization*
c. Generalization
d. Association

18. UML dapat secara langsung dihubungkan dengan bahasa pemrograman berikut, kecuali :
a. Java
b. Visual Basic
c. Assembler*
d. C++

19. Pertanyaan - pertanyaan tentang use case didokumentasikan untuk didiskusikan dengan para user, merupakan pengertian dari
a. Outstanding question*
b. Post condition
c. Deskripsi
d. Precondition

20. Post condition adalah
a. Bagian yang memberikan nama pada actor pada use case
b. Satu atau lebih kondisi yang harus berjalan dengan baik pada permulaan case
c. Kondisi yang selalu trejadi di akhir use case *
d. Kondisi yang selalu trejadi di awal use case

21. Secara resmi, UML mulai dipergunakan pada tahun
a. 1994*
b. 1984
c. 1990
d. 1980

22. Bagian ini memberikan nama pada actor dalam use case adalah
a. Preconditions
b. Deskripsi
c. Post condition
d. Actors*

23. Satu perangkat I / O atau sebuah alat pengatur waktu dalam aplikasi real time & distribusi dinamakan :
a. Use case
b. Dependency
c. Actors*
d. Summary

24. Yang diperlukan ketika beberapa informasi perlu di output oleh system pada suatu basis regular ialah
a. Use case*
b. Dependency
c. Actors
d. Summary

25. Hubungan antara 2 benda dimana sebuah benda berubah mengakibatkan benda satunya berubah merupakan pengertian dari
a. Independency
b. Dependency*
c. Generalization
d. Realization

26. yang harus diperhatikan pada saat mennjabarkan use case dalam system adalah
a. Actor dan aksi*
b. Masukan (input) dan keluaran (output)
c. Proses
d. Semua salah

27. Tugas dari OMG (Object Management Group) adalah
a. Mengeluarkan standar - standar teknologi OO dan software component*
b. Mengkompile dari bahasa pemrograman tingkat tinggi ke bahasa pemrograman tingkat rendah
c. Mengatur objek dari suatu grup
d. Mengatur kelancaran data yang berjalan

28. Diagram dalam lingkup building blocks sebagai
a. Abstraksi pertama dalam sebuah model
b. Alat komunikasi dari benda - benda
c. Kumpulan dari benda – benda*
d. Semua jawaban salah

29. Sebuah kelas dapat digambarkan sebagai sebuah persegi panjang yang mempunyai sebagai berikut, kecuali :
a. Nama
b. Address *
c. Attribute
d. Metode pengoperasian

30. Collaboration dalam benda / things digambarkan sebagai
a. Kotak
b. Jajar genjang
c. Elips*
d. Prisma

1. Sesuatu yang berupa konsep (concept), benda (thing), dan sesuatu yang membedakannya dengan lingkungan adalah ………..ational
A. Software Analys & Design *
B. Objek
C. CONCEPTION & Environment
D. Conception, things, design

2. Diaman objek lebih mudah dipakai untuk menggambarkan system yang besar dan komplek adalah …..
A. Concept B. Dynamic
C. Analys D. Scability *

3. Dynamic modeling merupakan pendekatan yang …….
A. Dapat dipakai untuk permodelan system scalling dan real time
B. Dapat dipakai untuk permodelan system conception dan real time
C. Dapat dipakai untuk permodelan system dinamis dan real time *
D. Dapat dipakai untuk penamaan system dinamis dan real time

4. Pendekatan analisa dan rancangan menggunakan model OO mulai diperkenalkan sekitar …..
A. 1989 - 1994 B. 1960 - 1970
C. 1870 - 1880 D. 1970 - 1980 *

5. Merupakan model OO yang diperkenalkan pada tahun 1989 sampai 1994 adalah …….
A. Grady Booch – OOSE *
B. James Rumbaught – OMT dan OOSE
C. Rational software Co. - OMT
D. General Electric – OOse

6. Merupakan macam hubungan yang ada dalam penggunaan UML adalah …. Kecuali …..
A. Dependency & Generalization B. Asosiation & Realization
C. Asosiation, Realization, Generalization D. Dependency & Regionalzation *

7. Mencirikan suatu bagian outside user atau susunan yang berkaitan dengan user yang berinteraksi denan system adalah …….
A. Use case B. Identifikasi use case
C. Actor * D. Pendokumentasian use case

8. Kondisi yang selalu terjadi di akhir use case, jika urutan pertama telah dilakukan ………..
A. Precondition B. Outstanding question
C. Actors D. Postcondition *

9. Pertanyaan – pertanyaan tentang use case didokumentasikan untuk didiskusikan dengan para user adalah …..
A. Precondition B. Outstanding question *
C. Actors D. Postcondition

10. Menggambarkan suatu permasalahan maupun solusi dari permasalahan suatu model adalah ……..
A. Asosiation B. Diagram *
C. Actors D. Hubungan

11. Interaksi dan sebuah kumpulan / kelompok dari kelas / elemen yang bekeraja secara
A. Collaboration * B. Ispelling
C. Relation Group D. Relationship

12. bersama – sama adalah ……
E. Collaboration * F. Ispelling
G. Relation Group H. Relationship

13. Pendokumentasian UML dilakukan dengan cara , kecuali ……….
A. prototype B. source code
C. project plan D. Relationship *

14. OMG merupakan singkatan dari ………
A. Object Management General
B. Object Management Group *
C. Oriental Management Group
D. Original Management General

15. Kepanjangan dari OOSE adalah ……
A. Object Outside Sistem Energy
B. Object Oriented Sistem Element
C. Object Oriented Software Engeenering *
D. Original Object Software Engeenering

16. Deskripsi singkat use case, biasanya satu atau dua kalimat. Merupakan penjelasan dari….
A. Deskripsi C. Summary*
B. Use Case D. Aktor

17. Pendokumentasian model use case dapat dilakukan dengan berapa cara?
A. 4 C. 6
B. 9* D. 7

18. Postcondition merupakan salah satu cara pendokumentasian model use case yang memiliki arti…
A. kondisi yang selalu terjadi di akhir use case, jika urutan utama telah dilakukan.*
B. deskripsi singkat use case, biasanya satu atau dua kalimat.
C. pertanyaan-pertanyaan tentang use case, didokumentasikan untuk didiskusikan untuk para user.
D. hubungan semantic antara dua benda.

19. Abstraksi yang pertama dari sebuah model, merupakan penjelesan dari….
A. Dependancy C. interface
B. UML D. benda/thing*

20. Di bawah ini yang bukan merupakan macam-macam hubungan di dalam penggunaan UML adalah….
A. Dependancy C. Generalization
B. Redudancy* D. Realization

21. Metode OO yang digunakan oleh James Rumbaugh dari General Electric dikenal dengan istilah OMT . OMT merupakan singkatan dari….
A. Object Mutual Technic C. Object Modelling Technique*
B. Obligation Modelling Tunning D. Object Model Technique

22. Objek anak (child) melakukan metode yang sama dengan algoritma yang berbeda dengan objek induknya (parent), hal ini disebut dengan…
A. Polymorphism* C. Enkapsulation
B. Inheritance D. Salah semua

23. UML mempunyai beberapa pengelompokkan diagram yaitu, kecuali
A. use case C. collaboration
B. class D. deploy*

24. Pengertian dari realizations adalah…
A. merupakan hubungan semantic antara pengelompokkan yang menjamin adanya ikatan diantaranya*
B. menggambarkan hubungan khusus dalam objek anak yang menggantikan objek induk.
C. menggambarkan use case dan actor yang disertai hubungan diantaranya.
D. hubungan semantic antara dua benda.

25. Di bawah ini yang bukan merupakan teknik-teknik dasar dari OOA/D adalah…
A. enkapsulasi C. association*
B. penurunan D. polymorphism

26. OOSE merupakan software yang menggunakan metode OO. OOSE diaplikasikan oleh…
A. Grady Booch dari General Electric C. James Rumbaugh dari Rational Software Co
B. Grady Booch dari Rational Software Co* D. James Rumbaugh dari General Electric

27. Sebuah badan yang bertugas mengeluarkan standar-standar teknologi object oriented dan software component adalah….
A. Object Modelling Group (OMG) C. Orientation Modelling Group (OMG)
B. Object Management Group (OMG)* D. Orientation Management Group (OMG)

28. Untuk dapat memahami UML kita harus mempelajari 3 elemen utama dari UML yaitu, kecuali…..
A. Building Block
B. aturan-aturan yang menyatakan bagaimana building block diletakkan secara bersamaan.
C. mekanisme umum (common).
D. hubungan semantic antara pengelompokkan yang menjamin adanya ikatan diantaranya.*

29. Merupakan fisik dari elemen-elemen yang ada pada saat dijalankannya sebuah system. Adalah pengertian dari…
A. Interfacing C. Node*
B. Serialization D. Modelling
30. Di bawah ini yang bukan merupakan cara pendokumentasian model use case adalah…
A. outstanding answer* C. deskripsi
B. outstanding question D. actors

Posting Komentar

News Studentsite

 
free counters

  © Blogger template muhamadregifazmi.blogspot.com by muhamadregifazmi.blogspot.com 2015

Back to TOP