muhamadregifazmi. Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 29 Maret 2010

Latar Belakang Penulisan Ilmiah

BAB 1 PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang Masalah

Sistem penyiraman tanaman yang digunakan di taman-taman umumnya menggunakan sistem penyiraman dengan cara menyiram tanaman itu dengan mobil tangki air keliling atau dengan menyiram dengan melakukan alat semprot air yang biasanya cukup memakan waktu yang lama dalam penyiraman tanaman.

Seiring perkembangan zaman, diciptakan Sistem Penyiraman yang otomatis menggunakan elektronik sehingga penyiraman tidak lagi membutuhkan waktu yang lebih lama.

Saat ini penyiraman tanaman yang tradisional dirasa ketinggalan zaman dikarenakan lamanya dalam penyiraman tanaman. Tak hanya itu penyiraman tanaman tradisional membutuhkan banyak tenaga kerja dalam melakukan penyiraman tanaman. Sistem penyiraman tanaman otomatis lebih efisien dan lebih mempersingkat waktu dalam penyiraman tanaman.

Atas dasar tersebut penulis membuat sistem penyiraman otomatis dimana agar mempermudah dalam penyiraman tanaman sehingga tidak memakan yang waktu yang cukup lama. Penulis menamakan alat tersebut dengan “SISTEM PENYIRAM TANAMAN OTOMATIS BERBASIS MIKROKONTROLLER AT89C51”.

1.2 Batasan Masalah

Agar pembahasan lebih terarah, maka penulis memberikan batasan-batasan pembahasan masalah. Bagaimana membuat suatu alat yang berfungsi sebagai penyiraman tanaman yang tidak perlu memakan banyak waktu dalam penyiraman tanaman dan mengontrol waktu dalam penyiraman tanaman. Batasan masalah yang terkait dengan masalah diatas, penulis menekankan pada cara kerja dari rangkaian Sistem Penyiraman Tanaman Otomatis yang menggunakan Mikrokontroler AT89C51.

1.3 Tujuan

Tujuan dari Tulisan Ilmiah ini adalah untuk membuat sebuah sistem penyiraman otomatis yang lebih efisien dan tidak memerlukan waktu yang lama serta dapat mempermudah dalam penyiraman tanaman.

1.4 Metode Penelitian

Adapun penyusun melakukan beberapa penelitian yang dilakukan dengan :

1. Studi Pustaka

Yaitu metode pencarian data dari buku, browsing internet atau literatur-literatur lain yang berkaitan dengan teori dasar dari sistem yang sedang dibuat, dan dokumen yang berkaitan dengan data yang di perlukan untuk penelitian maupun perancangan sistem.

2. Studi sistem

Yaitu metode pencarian data dengan melakukan pengamatan langsung di lapangan, dengan cara pengumpulan data dengan mempelajari suatu sistem yang berkaitan dengan sistem yang akan dirancang.

3. Perancangan Sistem

a. Input

Apabila waktu untuk penyiraman sudah waktunya maka akan menyiram tanaman tersebut.

b. Proses

Apabila waktu sudah tepat maka akan menyiram tanaman tersebut dan jika sensor air terkena air hujan maka tidak akan menyiram tanaman.

c. Output

Air akan menyiram tanaman yang ada di taman.

4. Percobaan

Yaitu metode pengujian alat serta aplikasi yang digunakan, Melakukan uji coba alat agar dapat berfungsi sesuai dengan kebutuhan.

1.5 Sistematika Tulisan Ilmiah

Isi dari penulisan ini berhubungan dengan data-data yang telah diambil serta referensi dari buku-buku:

BAB 1 Pendahuluan

Pada Bab ini, berisi tentang Latar Belakang Masalah, Batasan Masalah, Tujuan, Metode Penelitian dan Sistematika Tulisan Ilmiah.

BAB 2 Landasan Teori

Bab ini membahas tentang teori dasar dan komponen-komponen yang dipergunakan dalam rangkaian dengan analisa tiap-tiap komponen.

BAB 3 Perancangan dan Implementasi

Bab ini berisi tentang analisa Perangkat keras, cara kerja dari alat tersebut, blok diagram, cara pengoperasian dan pengujian pengaplikasiannya pada kehidupan nyata.

BAB 4 Cara Pengoperasian Alat

Bab ini berisi tentang cara pengoperasian dari alat yang telah dibuat.

BAB 5 Penutup
Membahas tentang kesimpulan dari penjelasan alat yang dibuat serta saran-saran dari keseluruhan rangkaian.
READ MORE - Latar Belakang Penulisan Ilmiah

Read more...

Jumat, 26 Maret 2010

Tugas Kampus

1. Apa itu mikrokontroler ?
Mikrokontroler adalah suatu alat elektronika digital yang mempunyai masukan dan keluaran serta kendali dengan program yang bisa ditulis dan dihapus dengan cara khusus, cara kerja mikrokontroler sebenarnya membaca dan menulis data. Sekedar contoh, bayangkan diri Anda saat mulai belajar membaca dan menulis, ketika Anda sudah bisa melakukan hal itu Anda bisa membaca tulisan apapun baik buku, cerpen, artikel dan sebagainya, dan Andapun bisa pula menulis hal-hal sebaliknya. Begitu pula jika Anda sudah mahir membaca dan menulis data maka Anda dapat membuat program untuk membuat suatu sistem pengaturan otomatik menggunakan mikrokontroler sesuai keinginan Anda. Mikrokontroler merupakan komputer didalam chip yang digunakan untuk mengontrol peralatan elektronik, yang menekankan efisiensi dan efektifitas biaya. Secara harfiahnya bisa disebut “pengendali kecil” dimana sebuah sistem elektronik yang sebelumnya banyak memerlukan komponen-komponen pendukung seperti IC TTL dan CMOS dapat direduksi/diperkecil dan akhirnya terpusat serta dikendalikan oleh mikrokontroler ini. Dengan penggunaan mikrokontroler ini maka : Sistem elektronik akan menjadi lebih ringkas
Rancang bangun sistem elektronik akan lebih cepat karena sebagian besar dari sistem adalah perangkat lunak yang mudah dimodifikasi
Pencarian gangguan lebih mudah ditelusuri karena sistemnya yang kompak
Namun demikian tidak sepenuhnya mikrokontroler bisa mereduksi komponen IC TTL dan CMOS yang seringkali masih diperlukan untuk aplikasi kecepatan tinggi atau sekedar menambah jumlah saluran masukan dan keluaran (I/O). Dengan kata lain, mikrokontroler adalah versi mini atau mikro dari sebuah komputer karena mikrokontroler sudah mengandung beberapa periferal yang langsung bisa dimanfaatkan, misalnya port paralel, port serial, komparator, konversi digital ke analog (DAC), konversi analog ke digital dan sebagainya hanya menggunakan sistem minimum yang tidak rumit atau kompleks.
2. Manfaat/prospek apa yang bisa saya peroleh jika menguasai mikrokontroler ?
Banyak sekali, dengan melihat penjelasan nomor 1, maka “batasnya hanya imajinasi Anda”. Dengan menguasainya, kita bisa menerapkannya kedalam kehidupan sehari-hari seperti mengendalikan suatu perangkat elektronik dengan berbagai sensor dan kondisi seperti cahaya, getaran, panas, dingin, lembab dan lain-lain. Sekedar contoh sederhana penggunaan mikrokontroler, lihatlah disekitar lingkungan Anda ada toaster, mesin, cuci, microwave kemudian tengoklah didunia pertanian Anda bisa membuat kontrol kelembaban untuk budidaya jamur dsb, didunia perikanan Anda bisa mengendalikan suhu air kolam dsb. Bahkan Anda bisa membuat PABX mini, SMS Gateway, atau kearah military Anda bisa membuat radio militer frekuensi hopping (radio komunikasi anti sadap dengan lompatan frekuensi 100 kali dalam 1 detik), sistem monitoring cuaca dengan balon udara, automatic vehicel locator (menggunakan GPS) dan sebagainya. Semua itu sekedar contoh, masih banyak lagi yang bisa Anda lakukan dengan mikrokontroler.
Sebagai prospek, arah perkembangan dunia elektronika saat ini adalah ke embedded system (sistem tertanam) atau embedded electronic (elektronik tertanam). salah satunya dengan menggunakan mikrokontroler, jadi jika Anda belajar dan menguasai mikrokontroler sudah tepat pada jalurnya.
3. Ada berapa macam/jenis mikrokontroler itu ?
Secara teknis hanya ada 2 yaitu RISC dan CISC dan masing-masing mempunyai keturunan/keluarga sendiri-sendiri.
RISC kependekan dari Reduced Instruction Set Computer : instruksi terbatas tapi memiliki fasilitas yang lebih banyak
CISC kependekan dari Complex Instruction Set Computer : instruksi bisa dikatakan lebih lengkap tapi dengan fasilitas secukupnya.
Tentang jenisnya banyak sekali ada keluarga Motorola dengan seri 68xx, keluarga MCS51 yang diproduksi Atmel, Philip, Dallas, keluarga PIC dari Microchip, Renesas, Zilog. Masing-masing keluarga juga masih terbagi lagi dalam beberapa tipe. Jadi sulit sekali untuk menghitung jumlah mikrokontroler.
4. Sebagai langkah awal mikrokontroler mana yang sebaiknya saya pelajari ?
Tidak ada yang paling baik atau lebih baik, namun tips dibawah barangkali bermanfaat bagi Anda :
Lingkungan Anda, artinya mikrokontroler apa yang dominan di lingkungan Anda ?. Akan lebih mudah belajar bersama daripada sendirian sehingga mudah untuk bertanya jawab jika ada kesulitan.
Ketersediaan perangkat untuk proses belajar (development tool)
Harga mikrokontroler, tips terakhir bisa diabaikan jika bukan menjadi kendala bagi Anda.
Ditinjau dari buku-buku mikrokontroler berbahasa Indonesia nampaknya mikrokontroler yang dominan saat ini dari keluarga MCS51. Yang perlu Anda ketahui antara satu orang dengan orang lain akan berbeda dalam hal mudah mempelajari. Jika Anda terbiasa dengan bahasa pemrograman BASIC Anda bisa menggunakan mikrokontroler BASIC Stamp, jika Anda terbiasa dengan bahasa pemrograman JAVA Anda bisa menggunakan Jstamp, jika Anda terbiasa dengan bahasa pemrograman C++ bisa Anda manfaatkan untuk keluarga MCS51 dan masih banyak lagi. Namun semua kembali kepada Anda yang berminat mempelajari dan memperdalam mikrokontroler
5. Bagaimana cara menguasai mikrokontroler ?
Ada 2 cara :
1. Belajar sendiri (otodidak), Anda bisa mempelajari sendiri mikrokontroler dengan panduan buku dan peralatan yang diperlukan, mulailah dari contoh-contoh sederhana. Jika ada kesulitan tanyakan kepada kepada teman Anda yang lebih tahu tentang mikrokontroler atau bisa Anda utarakan ke mailing list yang membahas mengenai hal ini.
2. Melalui lembaga Pendidikan, cara kedua ini bisa Anda dapatkan baik melalui pendidikan formal seperti sekolah, perguruan tinggi, maupun pendidikan non formal (kursus, pelatihan, les dan sejenisnya). Dengan cara ini Anda akan lebih terprogram dan cepat dalam penguasaan mikrokontroler.
Kata kucinya adalah : kemauan untuk belajar disertai latihan, latihan, dan latihan. Jika Anda berminat mempelajari mikrokontroler mulailah dengan mempelajari teori serta mempraktekannya. Anda bisa memulai mikrokontroler dengan mengaktifkan sebuah LED, setelah itu cobalah bermain-main menggeser LED dan mencoba instruksi-instruksi lain. Lambat laun Anda akan memahami bagaimana struktur program yang benar. Belajar mikrokontroler sama halnya seperti belajar ilmu komputer, sulit bukan jika belajar ilmu komputer secara teori tanpa praktek ?



READ MORE - Tugas Kampus

Read more...

Rabu, 24 Maret 2010

Aplikasi Aman Berselingkuh SMS

Tampilan iklan aplikasi TigerText (www.tigertext.com)

Tidak mau ketahuan selingkuh seperti pegolf kondang Tiger Woods? Sebuah perusahaan teknologi telekomunikasi di Amerika Serikat (AS) punya resep baru bagi mereka yang doyan selingkuh atau "genit-genitan" dengan idaman lain melalui pertukaran pesan lewat ponsel, alias SMS.

Teknologi teranyar itu adalah TigerText. Layaknya adegan di film Mission Impossible, pesan SMS yang telah dikirim ke seseorang bisa langsung lenyap dari memori ponsel dalam hitungan menit atau detik, tergantung selera si pengguna. Pesan itu bahkan bisa lenyap dari ponsel penerima SMS, tentunya setelah dibaca.

Program TigerText sejak pekan lalu, 11 Maret 2010, mulai dipasarkan ke manca negara oleh perusahaan penciptanya, X Sigma Partners. Menurut bos X Sigma Partners, Jeffrey Evans, program TigerText hanya bisa digunakan di ponsel iPhone dan Android.

Lalu mengapa produk itu memakai nama Tiger, apakah ada hubungannya Tiger Woods - yang tengah bermasalah karena main serong dengan sejumlah perempuan? Evans pun meluruskan prasangka itu. "Kami sengaja memakai nama Tiger (macan/harimau), karena macan kan hewan yang susah dilacak," kata Evans.

Begitu diperkenalkan, TigerText mendapat sambutan yang luar biasa. Menurut majalah Time, TigerText diunggah 100.000 kali setiap minggu. Sejak awal Maret, program itu merupakan aplikasi iPhone yang paling populer nomor tiga.

Menurut Evans, aplikasi ciptaan perusahaannya itu bertujuan melindungi privasi pengguna. "Banyak orang kini suka kirim SMS. Tapi terkadang ada pesan-pesan yang mereka kirim bisa menjadi bumerang buat mereka," kata Evans.

Menurut dia, program ini berguna bagi pengguna yang sedang mencari pekerjaan yang lebih baik. Bisa saja suatu ketika yang bersangkutan menjadi lengah dan mengirim SMS kepada temannya mengenai wawancara seleksi rekrutmen yang tengah dia jalani, padahal dia sendiri sedang bekerja di tempat lain.

Motif Evans itu memang sedikit masuk akal. Namun, bagi kalangan pengamat, program itu bisa menjadi alat ampuh bagi mereka yang berselingkuh dengan pria atau wanita lain.

"Program ini membantu mereka untuk berselingkuh namun tidak mau ketahuan," demikian penilaian dari laman harian The Huffington Post.

Tidak hanya itu, "Layanan ini mempermudah Anda untuk serong, mengirim hinaan yang bisa disesali kemudian, atau mengirim pesan ke pembunuh bayaran tanpa khawatir pesan yang Anda telah kirim bisa menyerang balik Anda," tulis seorang bloger di CNET, Chris Matyszczyk.

Coba kalau TigerText sudah muncul sejak awal tahun lalu, mungkin saja perselingkuhan Tiger Woods tidak terungkap.


READ MORE - Aplikasi Aman Berselingkuh SMS

Read more...

Senin, 22 Maret 2010

Jubah Penghilang

Foto: ananova.com

JERMAN - Mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan film Harry Potter. Kisah bocah penyihir yang memiliki jubah untuk menghilang. Ternyata jubah seperti itu di dunia nyata memang benar ada.

Baru-baru ini para peneliti dari eropa telah mengembangkan prototipe dari 'jubah penghilang,' seperti halnya di film Harry Potter.

Para peneliti yang berasal dari Inggris dan Jerman mengatakan bahwa jubah tersebut dapat menyembunyikan objek 3D dengan membelokkan cahaya.

Para peneliti dari Institut Teknologi Karlsruhe Jerman dan Kampus Imperial London menggunakan kristal fotonik untuk menyembunyikan benda dilapisi dengan emas.

Saat ini memang jubah penghilang telah dikembangkan, tapi hanya berfungsi pada benda dua dimensi.

Dengan kata lain, benda yang seharusnya tidak nampak akan terlihat pada bentuk dimensi ketiga.

'Jubah' yang ditemukan oleh tim dari Eropa ini adalah yang pertama dapat bekerja pada dimensi ketiga.

"Sangat menyenangkan sekali. Selama ini orang-orang selalu berpikir untuk bisa menghilang atau memiliki jubah penghilang. Ini adalah bukti dari itu semua, ini menjadi bukti yang nyata," ujar ketua tim peneliti Tolga Ergin, seperti dikutip Ananova.com, Senin (22/3/2010).

Menurut Ergin dengan adanya tekhnik seperti ini, pada tahun-tahun berikutnya akan mampu bekerja untuk menghilangkan orang atau bahkan sebuah tank.

"Sulit untuk membayangkan apa yang akan terjadi di masa depan, tapi bidang seperti ini memang sangat luas dan kemungkinannya memang sangat besar." pungkasnya.

sumber : okezone.com

READ MORE - Jubah Penghilang

Read more...

Bing iPhone Diunduh Sejuta Kali

CALIFORNIA - Microsoft mengklaim aplikasi Bing untuk platform iPhone dan iPod touch sangat digandrungi. Terbukti dari jumlah download untuk aplikasi tersebut yang mencapai satu juta kali.

"Sejak pertengahan Desember, respon pengguna iPhone dan iPod touch terhadap Bing terlihat cukup baik, tapi ketika itu belum ada jumlah pasti berapa kali Bing diunduh," kata Florian Voss, tim pengembang Bing for Mobile seperti dilansir Softpedia, Senin (22/3/2010).

Pencapaian tersebut, dicapai Bing hanya dalam waktu sekira empat bulan sejak diluncurkan. Untuk mendukung pencapaian tersebut, Microsoft menyediakan updated Bing untuk iPhone tanpa dikenai biaya.

"Sejak dirilis, November lalu kami telah menerima feedback dari para pengguna yang telah membuktikan kemampuan Bing. Kami juga telah membuat sejumlah perbaikan terutama untuk pencarian gambar, dan dialog box untuk memudahkan pengguna,' kata Voss.

Upadted terbaru Bing ini juga mendukung iPod touch generasi pertama. "Tak berpengaruh, versi iPod touch yang mereka miliki," kata Voss.


Microsoft juga menambahkan kemampuan baru pada updated terbarunya, seperti URLs yang dapat di copy paste dan juga juga mengirimkan hasil pencarian pada teman melalui email. Selain itu, Bing versi terbaru ini, juga menyediakan fitur, Parental Control, yang dapat digunakan para orang tua untuk memblokir pencarian untuk anaknya.

sumber : okezone.com

READ MORE - Bing iPhone Diunduh Sejuta Kali

Read more...

Bocah SMP Tewas Diterkam Ular Phiton

Foto: ceritalangka.wordpress.com

MEDAN - Seorang siswa kelas II SMP PGRI Tembung, Medan, Sumatera Utara bernama M Zakaria (13 tahun) ditemukan tewas diterkam seekor ular sawah berukuran raksasa.

Korban diterkam ular bertubuh sebesar tiang listrik yang dikenal dengan sebutan ular phiton itu di pinggir sungai Tembung, Kamis (18/3) malam.

"Saat itu, ia bersama lima orang temannya naik dari sungai ke darat melalui aliran lorong pembuangan air limbah,” tutur Jahri Sihombing, salah seorang warga yang menyaksikan peristiwa tersebut, Sabtu (20/3).

Namun, kata dia, tiba tiba muncul ular phiton dari dalam lorong tersebut dan menerkamnya. Zakaria sempat melawan ular itu.

“Tetapi karena kaki kanannya telah digigit, ia tidak bisa melawan lagi dan diseret ke semak-semak," ujarnya.

Korban sendiri bersama kelima temannya bermain rakit dan mandi di sungai tersebut sejak sore. Setelah azan Magrib, mereka pun beranjak ke tepian.

Karena lokasi pinggiran sungai sangat curam, mereka pun naik melalui pembuangan air limbah salah satu pabrik di sana. Saat itulah korban yang lebih tua dari teman-temannya itu diterkam oleh ular phiton tersebut.

Jahri Sihombing yang juga merupakan keluarga korban, segera berlari menuju lokasi setelah mendapat informasi dari teman-teman korban sekira 15 menit kemudian. Kebetulan Jahri saat itu sedang berada tidak jauh dari lokasi.

Ia memukuli kepala ular itu dengan bambu berkali-kali, sehingga kaki kanan korban yang sudah ditelan ular itu pun akhirnya dilepaskan.

Namun, ular tersebut tak juga kabur. Tubuh korban malah dililit dan diputar-putar di dalam semak-semak tersebut hingga terjatuh ke pinggiran sungai.

Jahri kembali memukuli kepala ular yang saat itu sudah hendak menerkam kepala korban. Karena merasa kesakitan dipukuli dengan bambu, ular itu pun akhirnya lilitannya dan kabur ke dalam air sungai.

Sayangnya, ketika tubuh korban diangkat ke darat dan akan dibawa ke rumah sakit, ia sudah tidak bernyawa lagi. Diduga, korban mati lemas akibat dililit dan diputar-putar oleh ular tersebut hampir sekitar setengah jam.

Setelah disemayamkan di rumah duka di Jalan Pasar VIII Gambir, Dusun VI, Desa Sei Rotan, Kecamatan Percut Sei Tuan, Medan, korban pun langsung dimakamkan, Jumat (19/3) sore.

sumber : okezone.com

READ MORE - Bocah SMP Tewas Diterkam Ular Phiton

Read more...

Jumat, 19 Maret 2010

Situs yang sering di kunjungi

Survei Masyarakat Internet Indonesia

JAKARTA - Pengguna internet di indonesia kian hari kian berkembang secara signifikan, yang mendorong semakin maraknya konten lokal. Menurut survei yang dilakukan Masyarakat Internet Indonesia (Master), ada 10 situs lokal yang sering dikunjungi netters tanah air.

Lembaga yang baru didirikan itu, tepatnya pada Februari 2010, menyebutkan 10 situs lokal yang paling sering diakses oleh 1.000 koresponden yang ditanyai, adalah Detikcom, Kompas.com, Kaskus, KlikBCA, Okezone, Vivanews, Kapanlagi, Bankmandiri, Games.co.id, dan Inilah.com.

Okezone yang berada di posisi kelima situs lokal paling populer berhasil menarik minat koresponden sekira 10 persen, berbeda dengan peringkat pertama Detikcom, yang menguasai 18 persen. Jika semakin dikerucutkan, ada tiga situs berita online yang menembus tiga besar, yaitu Detikcom, Kompas.com, dan Okezone.

Menurut keterangan resmi Masyarakat Internet Indonesia, Rabu (17/3/2010), kendati situs berita online menguasai daftar 10 besar situs lokal yang paling sering diakses, namun hanya 15 persen yang memanfaatkan internet untuk membaca informasi. Pemanfaatan paling besar lebih banyak dilakukan untuk melakukan pertemanan dengan tingkat presentase sebesar 15 persen.

Sedangkan sisanya, aktivitas internet lebih sering dilakukan netters Indonesia untuk nge-blog 14 persen, baca berita 15 persen, mencari informasi 27 persen, dan chatting sebanyak 13 persen.

Berikut daftar 10 situs lokal menurut hasil survei Master,

1. Detikcom
2. Kompas.com
3. Kaskus
4. KlikBCA
5. Okezone
6. Vivanews
7. Kapanlagi
8. Bankmandiri
9. Games.co.id
10. Inilah.com (srn)

sumber : okezone.com

READ MORE - Situs yang sering di kunjungi

Read more...

Xbox 360 Slim

BEIJING - Rumor mengenai kehadiran konsol terbayru besutan Microsoft, Xbox 360 Slim semakin kencang. Sebuah forum online A9VG membocorkan mother board yang konon akan digunakan pada XBox 360.

Pada foto 'valhalla' Motherboard tersebut terdapat gambar kipas pendingin untuk chip CPU/GPU. Diperkirakan, motherboard tersebut akan mengurangi ukuran XBox 360 yang telah ada.

Peluncuran Xbox 360 versi Tipis tersebut telah mengundang rasa penasaran sejumlah Gamers. Sementara itu, pesaing XBox, Sony PlayStation 3 telah memastikan untuk mengeluarkan versi Slim beberapa waktu lalu.

Cnet, Kamis (18/3/2010) melansir, Xbox 360 ini diperkirkaran akan dijual seharga USD300. Konsol yang masih dalam tahap pengembangan itu diperkirakan akan hadir pada Juni 2010, meskipun dalam bentuk prototipe.

Berbagai spekulasi bermunculan, mulai dari kabar bahwa konsol tersebut akan memiliki sistem kendali ala Wiimote, hingga fabrikasi prosesor yang lebih mutakir.

Tahun 2009 silam, keberadaan chip terbaru buatan TSMC juga sempat memunculkan rumor tersebut kian XBox 360 slim. Chip tersebut memadukan prosesor, kartu grafis, dan memori dalam satu paket.

Namun hingga saat ini, belum ada pernyataan resmi dari Microsoft mengenai rencana peluncuran Xbox 360 slim.

sumber : okezone.com


READ MORE - Xbox 360 Slim

Read more...

Rabu, 17 Maret 2010

Animasi

Animasi adalah suatu yang menghidupkan suatu gambar, sehingga anda perlu mengetahui dengan pasti setiap detail karakter anda, mulai dari tampak (depan, belakang, ¾ dan samping) detail muka si karakter dalam berbagai ekspresi (normal, diam, marah, senyum, ketawa, kesal, dll.) lalu pose/ gaya khas karakter bila sedang melakukan kegiatan tertentu yang menjadi ciri khas si karakter tersebut. Bahkan seorang ‘Sinchan’ dengan karakter yang sederhana tetapi mempunyai kekuatan personality-nya sehingga membuat penonton tahu betul sifat-sifatnya. Jadi perlu diperhatikan bahwa karakter anda bukan sekedar gambar tetapi mempunyai kelakuan tertentu yang seolah-olah punya jiwa. Karena animasi adalah membuat gambar anda kelihatan hidup, sehingga kita bisa mempengaruhi emosi penonton menjadi turut merasa sedih, ikutan menangis, jatuh cinta, kesal, gembira bahkan tertawa terbahak-bahak. Bila karakter anda sudah siap, tentu saja setelah lebih dari 100 kali anda mencoba, baru selanjutnya memastikan kelengkapan data pribadinya, sekaligus memberikan ‘warna’ seperti pada contoh Ana dengan menggunakan satuan RGB (red, green & blue), gunanya adalah agar anda dan teman anda yang bergabung dalam team anda tahu betul warna RGB yang dipakai untuk kulitnya, bajunya, garisnya, dst.nya. Kalau perlu dibuat warna karakter pada saat malam dan siang hari, di luar ruangan (exterior) dan di dalam ruangan (interior).
Animasi 2D (2 Dimensi) Animasi ini yang paling akrab dengan keseharian kita. Biasa juga disebut dengan film kartun. Kartun sendiri berasal dari kata Cartoon, yang artinya gambar yang lucu. Memang, film kartun itu kebanyakan film yang lucu. Contohnya banyak sekali, baik yang di TV maupun di Bioskop. Misalnya: Looney Tunes, Pink Panther, Tom and Jerry, Scooby Doo, Doraemon, Mulan, Lion King, Brother Bear, Spirit, dan banyak lagi. Meski yang populer kebanyakan film Disney, namun bukan Walt Disney sebagai bapak animasi kartun. Contoh lainnya adalah Felix The Cat, si kucing hitam. Umur si kucing itu sudah lumayan tua, dia diciptakan oleh Otto Messmer pada tahun 1919. Namun sayang, karena distribusi yang kurang baik, jadi kita sukar untuk menemukan film-filmnya. Bandingkan

dengan Walt Disney yang sampai sekarang masih ada misalnya Snow White and The Seven Dwarfs (1937) dan Pinocchio (1940).

Program-program atau software yang digunakan
Banyak sekali program yang beredar di pasaran saat ini, selain program yang integrated atau sudah di desain dalam 1 paket seperti toon boom, animaster, dan lain sebagainya. Pada dasarnya untuk 2D (yang juga digunakan sebagai basic untuk 3D) adalah program/tool yang dipakai untuk menggambar, atau memindahkan gambar menjadi satuan terkecil yang bisa dibaca oleh program dalam komputer anda. Salah satu yang paling popular, mudah didapatkan & cukup ‘sakti’ adalah keluaran dari Adobe Photoshop, sebetulnya software ini diciptakan khusus untuk memperbaiki dan mengolah foto yang dirubah menjadi digital. Namun pada perkembangannya Photoshop malah menjadi salah satu software andalan yang digunakan juga untuk software 3D (contoh software 3D yang paling banyak digunakan saat ini antara lain 3D Studio Max, Lightwave & Maya) karena menggabungkan kemampuan menggambar manual anda ke dalam digital. Selain program Photoshop, ada lagi program Adobe After Effects; yang dari namanya saja sudah dapat kita tebak, program ini untuk menbuat berbagai efek yang diperlukan untuk lebih menghidupkan animasi yang anda buat. Sementara program Adobe Premiere adalah alat utuk mengedit hasil scene anda ( akan dijelaskan lebih lanjut mengenai scene ini). Software Animasi 2 Dimensi: Macromedia Flash, CoRETAS, Corel R.A.V.E., After Effects, Moho, CreaToon, ToonBoom, Autodesk Animaton (1990-an) dll




READ MORE - Animasi

Read more...

Kamis, 04 Maret 2010

Kata Baku

BAKU – TIDAK BAKU

aktif - aktip
aktivitas - aktifitas
apotek - apotik
atlet - atlit
Anda – anda
andal – handal
analisis - analisa
diagnosis - diagnosa
andal - handal
antre - antri
asas - azas
cendekiawan - cendikiawan
detail - detil
embus - hembus
ekstrem - ekstrim
ekstremis - ekstrimis
Februari - Pebruari
frekuensi - frekwensi
fondasi - pondasi
hierarki - hirarki
hakikat - hakekat
hafal - hapal
ijazah - ijasah
izin - ijin
imbau - himbau
isap – hisap
jenazah - jenasah
justru - justeru
karier - karir
kategori - katagori
konferensi - konperensi
kualifikasi – kwalifikasi
kualitatif - kwalitatif
kuantitatif - kwantitatif
kualitas – kwalitas
masjid - mesjid
merek - merk
meterai - meterei
miliar - milyar
misi - missi
mulia - mulya
museum - musium
metode - metoda
mungkir - pungkir
narasumber - nara sumber
nasihat - nasehat
objek - obyek
objektif - obyektif
peduli - perduli
praktik - praktek
provinsi - propinsi
risiko - resiko
sekadar - sekedar
silakan - silahkan
sistem - sistim
saksama - seksama
subjek – subyek
subjektif - subyektif
teknik - tehnik
teknologi - tehnologi
terampil - trampil
telanjur - terlanjur
telantar - terlantar
ubah - rubah
mengubah - merubah
utang - hutang


READ MORE - Kata Baku

Read more...

News Studentsite

 
free counters

  © Blogger template muhamadregifazmi.blogspot.com by muhamadregifazmi.blogspot.com 2015

Back to TOP